;

Arti Penting Lelang Di Indonesia

on Wednesday, November 5, 2008

Oleh : Palomes, SE, MH
Kepala Seksi Pelayanan Lelang


Lelang memiliki peran yang cukup besar dalam masyarakat, terutama sebagai salah satu alternatif jual beli dengan harga optimal karena adanya kompetisi diantara para peminat/calon pembeli. Harga yang terbentuk dalam proses lelang merupakan interaksi langsung antara penawaran (supply) dari penjual dan permintaan (demand) dari pembeli yang dilakukan dengan penawaran khas lelang, sehingga merupakan harga yang optimal bagi kedua pihak. tidaklah mengherankan kalau sampai saat ini lelang masih digunakan sebagai salah satu parameter bagi pencapaian rasa keadilan dan sebagai bagian dari tindakan administrasi pengelolaan kekayaan negara yang akuntabel, serta dapat dijadikan sarana bagi masyarakat untuk menjual harta bendanya dengan harga yang optimal.

Pelaksanaan lelang dilakukan di muka umum, sehingga menjamin terlaksananya lelang secara transparan dan dapat menghindari kolusi antara penjual dengan sekelompok pembeli sehingga proses lelang dapat dikategorikan telah memenuhi prinsip good governance/good corporate governance yang merupakan tuntutan dari masyarakat.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Arti penting Lelang di Indonesia, Tata cara pelaksanaan Lelang, Prosedur Lelang serta hal-hal lain yang berkaitan dengan lelang Download artikel selengkapnya DISINI

1 comments:

snj said...

makasih mas...salam kenal yah

Terima Kasih Atas Kunjungannya